kjokom

Sebuah coretan …….

Awal Mula Knowledge Management

November24

Persaingan bisnis semakin ketat seiring dengan perkembangan teknologi informasi. Aset-aset perusahaan yaitu device dan karyawan perlu dikelola dengan baik. Pengelolaan investasi, biaya, quality, resiko, dan strategi harus dilakukan dengan baik sesuai dengan perubahan bisnis. Trend bisnis bisa dibagi berdasarkan waktunya :

Tahun 70an, bisnis menitikberatkan pada biaya Pada masa itu pembeli masih banyak dan mudah untuk didapatkan. Perbandingan antara jenis barang yang ada dan pembeli lebih banyak pembeli. Secara ekonomi permintaan lebih besar dari penawaran. Oleh karena itu, bisnis harus mampu menekan biaya agar keuntungan bisa maksimal.

Tahun 80an bisnis menitikberakkan pada kualitas. Managemen quality sangat penting untuk kelangsungan bisnis. Produk-produk yang sama di pasaran sudah sangat banyak. Dengan demikina penawaran meningkat dan permintaan masih sama. Oleh karena itu kualitas perlu dijaga dan ditingkatkan. Produk dengan kualitas yang bagus akan dipilih oleh pelanggan. Persaingan sudah mengarah ke persaingan kualitas dan harga.

Tahun 90an bisnis menitikberatkan pada kecepatan. Supply chain management merupakan system yang perlu dikembangkana agar bisnis bisa bersaing dengan baik. Pelanggan akan merasa puas jika ketika barang yang dicari tersedia. Perusahaan harus mampu melihat semua kebutuhan akan produksinya, rantai pasokan tidak boleh terputus. Perusahaan harus memastikan bahwa ketersediaan produk di pasaran, ketersediaan bahan baku, rencana produksi, dan distribusi harus bisa dilihat oleh pemasok, penyalur dan produksi itu sendiri. Olehh karena itu, pengelolaan supply chain menjadi sangat penting.

Tahun 21, bisnis menitikberatkan kepada kreatifitas. Informasi bisa diakses oleh siapapun, dimanapun dan kapanpun. Perkembangan internet menyebakkan faktor keterlambatan informasi dan faktor geografis menjadi tidak berarti. Pelanggan bisa mencari produk dimanapun dan darimanapun serta kapanpun. Selain harga, kualitas, kecepatan, kreatifitas dalam hal ini inovasi produk perlu dilakukan. Pelanggan akan memilih produk yang baru, inovatif, canggih, dan menarik. Persaingan sudah berada di level bagaimana mencari tahu keinginan konsumen.

Saat ini dimana persaingan sudah sangat ketat, maka kekuatan perusahaan secara interlnal perlu ditingkatkan. Pengelolaan asset knowledge dalam organisasi perlu diatur degnan baik. Knowledge management adalah adalah suatu rangkaian kegiatan yang digunakan oleh organisasi untuk mengidentifikasi, menciptakan, menjelaskan, dan mendistribusikan pengetahuan untuk digunakan kembali, diketahui, dan dipelajari di dalam organisasi. Management knowledge yang baik akan mendukung daya tahan perusahaan tersebut dan meningkatkan kreatifitas organisasi.

Sebuah catatan kuliah Knowledge Management