kjokom

Sebuah coretan …….

PEPSODENT LINTAS GENERASI

January11

Pepsodent merupakan pasta gigi yang hingga saat ini mampu menjadi paemimpin pasar ditengah-tengah persaingan yang semakin ketat. Dewasa ini semakin banyak perusahaan yang memasuki pasar pasta gigi di Indonesia. Kepuasan pelangan terhadap pasta gigi merk pepsodent berpengaru terhadap loyalitas. Loyalitas pelangan dipengaruhi oleh kualitas produk pasta gigi pepsodent. Dengan demikian kualitas produk yang baik akan meningkatkan loyalitas pelangan terhadap produk.

Saat ini pasta gigi yang beredar adalah pepsodent, ritadent, ciptadent, close up, smile up, formula, maxim dan lain-lain.  Semain banyak jenisnya menggambarkan semakin ketatnya persaingan dalam dunia bisnis. Berikut ini 4 alasan kenapa pepsoden bisa bertahandalam menghadapi persaingan ini

1. Memberikan value tambahan dan inovasi

Pada awal tahun 80an Pepsodent hanya berorientasi pada gigi lebih ptih dan sehat. Namun belakangan ini Pepsoden memberikan nilai lebih sebagai penguat gigi. Nilai-nilai tambahan juga bisa kita temukan dalam diferiensiasi produk yang dilakukan pepsodent. Pepsodent juga terus melakukan inovasi dalam kemasan, rasa, warna, bentuk, ukuran dan merancang produknya sesuai dengan segmentasi pasarnya yakni dewasa dan anak-anak. Kemasan Pepsodent dibuat dari plastik lentur dan tutup yang lebih adaptif setelah sebelumnya dari aluminium dan tutup lepas. Rasanya dibagi sesuai dengan cita rasa buah-buahan atau rasa mint. Selain itu warnanya disesuaikan dengan warna-warna trendi, yakni putih dan hijau baik isi maupun kemasannya. Ukurannya diatur dari kecil, sedang, hingga besar. Sehingga praktis mempengaruhi harga.

2. Menjalankan Produk Life Cycle (PCL)

Mengawali siklus hidupnya, Pepsodent dikenal sebagai pasta gigi yang membuat gigi lebih putih lalu berkembang untuk menguatkan gigi. Setelah itu, kemudian dilengkapi dengan baking soda, setelah sebelumnya sukses dengan Pepsodent Zinc zitrate dan Triclosant. Beberapa tahun sebelum sukses dengan nilai tambahan tersebut, telah sukses dengan Fluoride dan Kalsium. Perkembangan terakhir ini, fluoride ditambah menjadi Fluoride bicarbonate calcium, bahkan diperluas dengan Fluoride washmouth.

3. Brand Awarnes

Proses advertising yang bagus dilakukan oleh pepsodent. Pepsodent melakukan promosi dengan berbagai cara yaitu lewat televise, membuat acara-acara bertema pepsodent, bakti sosial yang bertujuan memasyarakatkan pepsodent dan sebagainya. Promosi-promosi ini mampu menanamkan kepada konsumen bahwa pepsodent merupakan pasta gigi yang bisa dipercaya.

4. Quality Control

Pepsodent telah memenuhi standar kesehatan karena terdapat label halal pada kemasannya. Jadi masyarakat yakin akan produk ini tidak membahayakan kesehatan dapat digunakan oleh semua kalangan masyarakat. Dengan didengungkannya iklan bahwa pepsodent tergabung dalam Ikatan Dokter Gigi Indonesia, maka bisa disimpulkan kualitas dari pepsodent sangat memuaskan. Kualitas yang baik akan meningkatkan loyalitas dari konsument.

Pepsodent mampu menjaga kualitas produknya dari sejak awal hingga sampai saat ini. Bahkan pepsoden juga melakukan inovasi dan diferensiasi produk untuk memastikan semua segment pasar bisa memakai prodk ini secara tepat. Kualitas yang baik dan terpercaya membuat loyalitas konsumen menjadi tinggi, sehingga produk pepsoden mampu bertahan dari jaman ke jaman.